Kampung Adat

Di dusun dasan Beleq terdapat suatu kompleks kampung adat yang sampai saat ini masih digunakan untuk hidup sehari-hari. Di dalam kompleks ini terdapat 26 rumah adat dan enam buah berugak. Pusat kompleks perkampungan ini disebut Pegalan yang menjadi poros penempatan rumah-rumah adat lain. Selain itu, ada Bale Beleq yang diperuntukkan pejabat-pejabat pranata adat. Selain itu, rumah-rumah lain dihuni warga pada umumnya.

 

Rumah adat memiliki konstruksi sebagai berikut:

  • Batu sebagai pondasi
  • Kayu Galih sebagai pilar
  • Anyaman bambu atau bedek sebagai dinding
  • Alang-alang atau daun kelapa sebagai atap
  • Tanah sebagai lantai

Dipandang dari luar, rumah adat terlihat pendek, begitu juga pintunya, cukup pendek untuk ukuran orang Indonesia pada umumnya. Namun, di dalamnya, ada empat tingkat rumah. Kamar dan dapur berada di tingkat pertama, sedangkan tingkat-tingkat lain digunakan sebagai tempat penyimpanan barang dan hasil bumi. Pintu dibuat pendek agar saat memasuki rumah, orang sudah otomatis menunduk, tanda memberi hormat.

Pegalan tidak digunakan sebagai tempat tinggal. Ia hanya digunakan dalam upacara-upacara adat tertentu dan hanya boleh dimasuki orang-orang tertentu, seperti tetua-tetua adat dan orang-orang lain yang ditunjuk. Bale Beleq yang ditempati pejabat pranata adat digunakan secara turun temurun. Jika ada pergantian, pejabat yang baru akan menempati rumah tersebut. Semua rumah adat yang ada di dusun dasan Beleq merupakan milik bersama.

 

Selain rumah, terdapat berugak-berugak di dalam kampung adat. Berugak adalah bangunan panggung yang digunakan sebagai tempat menyambut tamu atau tempat berkumpul dan duduk-duduk. Panggung terseut biasanya terbuat dari lanjaran-lanjaran bambu yang diikat. Berugak yang memiliki empat pilar disebut berugak sekempat, dan berugak yang memiliki enam pilar disebut berugak sekenem. Di dalam kompleks perkampungan adat terdapat satu berugak khusus yang disebut Berugak Beleq. Berugak ini hanya boleh digunakan tetua-tetua adat saat diselenggarakan acara-acara adat.