Kuliner

Masyarakat di dusun dasan Beleq memiliki beberapa makanan khas, antara lain:

Bebiol. Bahan-bahan untuk membuat bebiol adalah singkong, bayam, kacang yang disebut komak, dan rebung. Bumbunya terdiri dari cabai, garam, daun limau, bawang putih, bawang merah. Cara memasaknya ialah sebagai berikut: masak air sampai mendidih, masukkan bahan-bahan, masukkan bumbu yang sudah dihaluskan, aduk dan tunggu sampai matang. Hidangkan.

Urap-urap. Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat urap-urap terdiri dari daun singkong, kacang panjang, parutan kelapa. Bumbu yang harus ada adalah cabai, garam, bawang putih, bawang merah. Cara memasaknya: rebus daun singkong dan kacang panjang sampai matang, cincang halus keduanya, urap dengan parutan kelapa dan bumbu yang sudah ditumbuk halus. Hidangkan. 

Ambon Galut. Bahan dasar untuk membuat ambon galut adalah singkong. Makanan ini dulunya digunakan sebagai sumber karbohidrat utama. Cara memasaknya adalah sebagai berikut: Kupas singkong, potong singkong membelah dua atau empat, jemur di panas matahari selama satu minggu, tumbuk sampai halus, masak air mendidih, masukkan singkong yang sudah ditumbuk, aduk sampai merata. Hidangkan.

                   Dalam kegiatan begawe, biasanya dihidangkan masakan yang terbuat dari campuran daging kambing dan sayur batang pisang, nangka, atau talas yang dimasak dengan kuah santan. Makanan tersebut dimakan bersama-sama secara massal. Biasanya, tetua-tetua adat makan bersama di Berugak Beleq. Warga lain dipersilakan untuk duduk berhadap-hadapan secara memanjang. Ketika sudah siap, para pemuda-pemudi akan membawakan makanan untuk disantap bersama. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *